<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>
Thu, 04-Jun-2020

Optimalisasi Peran dan Fungsi Kehumasan

Optimalisasi Peran dan Fungsi Kehumasan

Yogyakarta - Kesuksesan sebuah instansi sangat ditentukan oleh keberhasilan Humas dalam mempertahankan reputasi dan citra positif diri sebuah instansi. Humas menjadi penting dimiliki oleh sebuah instansi pemerintahan maupun swasta dikarenakan keberadaannya sebagai jembatan penghubung antara instansi pemerintah maupun swasta dengan masyarakat. Oleh karena itu Peran humas sangat penting bagi instansi pemerintah maupun swasta.

Berawal dari hal itu, humas Bawaslu mengajak diskusi kepada Humas Bawaslu se-DIY untuk lebih berperan aktif dalam tugas kehumasan. Rapat yang dilakukan secara daring pada 4 Juni 2020 ini diikuti oleh Tenaga Ahli Bawaslu Sulastio, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Hengky Pramono, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Ahmad Ali Imron beserta seluruh jajaran Humas Bawaslu se-DIY.

Diskusi kali ini mengangkat tema optimalisasi peran dan fungsi kehumasan. Menurut Hengky Pramono, peran Humas menjadi penting untuk masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu. “Jika Humas tidak menyampaikan berita secara kreatif dan inovatif, maka tidak akan tersampaikan ke masyarakat dengan baik”, ucap Hengky. Hengky menambahkan, perlu adanya revitalisasi untuk melakukan perombakan pola dan tradisi lama ke pola dan tradisi baru dengan terus berupaya menyampaikan informasi secara tepat, cepat dan akurat sehingga kebutuhan informasi dapat diakses masyarakat.

Hal yang perlu dilakukan Humas adalah memainkan peran untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi di Bawaslu, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk mensukseskan berbagai program Bawaslu. Humas perlu meningkatkan kemampuan dengan menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk media sosial maupun media daring. Penting bagi Humas untuk merangkul media massa sebagai penyambung informasi Bawaslu kepada masyarakat dan merangkul generasi milenial melalui media sosial.

Sulastio berpendapat jika fungsi humas berperan sebagai telinga dan suara Bawaslu. Bawaslu membutuhkan masukan dan partisipasi publik untuk menjadi kontrol publik. “Humas memiliki tugas untuk memperkenalkan program dan informasi kepada masyarakat melalui media Bawaslu sebagai penghubung dengan instansi lain serta memperkuat citra lembaga Bawaslu”, ujar Sulastio. Harapannya Humas di era milenial mampu berevolusi menjadi lebih aktif dalam menyajikan informasi yang bermanfaat bagi publik. “Perlu menggandeng influencer untuk memaksimalkan penggunaan media informasi, mampu menjual brand dengan menjelaskan kepada publik apa itu Bawaslu dan apa yang dihasilkan oleh Bawaslu, serta memanfaatkan kelebihan teknologi informasi untuk memaksimalkan kinerja”, imbuh Sulastio.

Share this:
Tags:

Leave a Reply

Sosial Media

Agenda Kegiatan

Rakor Sengketa

  • Rabu, 04 Maret 2020 sd Kamis, 05 Maret 2020
  • 13:07 WIB
  • Tempat : Novotel

    Audiensi FITK UIN Sunan Kalijaga

  • Kamis, 27 Februari 2020
  • 13:07 WIB
  • Tempat : Kampus UIN

    Pendampingan Bimtek Kehumasan KP

  • Kamis, 27 Februari 2020
  • 14:07 WIB
  • Tempat : Kulon Progo

    Audiensi dengan MMTC

  • Jumat, 21 Februari 2020
  • 14:07 WIB
  • Tempat : Kampus MMTC Jl. Magelang

    Audiensi dan Dikbud Amikom

  • Jumat, 14 Februari 2020
  • 14:07 WIB
  • Tempat : Kampus Universitas Amikom

    Rakor dengan Bawaslu Kab/Ko

  • Kamis, 13 Februari 2020
  • 10:07 WIB
  • Tempat : Kantor Bawaslu Kota Yogyakarta

    Rapat Pembahasan Draf PKS dengan ORI dan LOD

  • Rabu, 05 Februari 2020
  • 13:07 WIB
  • Tempat : Kantor Bawaslu DIY

    Rakor Pengawasan Pembentukan PPK

  • Senin, 27 Januari 2020
  • 10:07 WIB
  • Tempat : Kantor Bawaslu DIY

    Rakor dengan Bawaslu Kab/Ko

  • Rabu, 15 Januari 2020
  • 11:07 WIB
  • Tempat : Bawaslu Kulon Progo

    Rapat dengan LO dan ORI

  • Jumat, 10 Januari 2020
  • 14:07 WIB
  • Tempat : Bawaslu DIY


    Tautan Bawaslu